Penyebab Bibir Menjadi Kering dan Pecah-Pecah Saat Musim Dingin

Cuaca dingin sebenarnya adalah musuh kulit, tidak hanya bagian tubuh, tapi juga kulit bibir yang mengering dan retak dengan cepat. Padahal, terkadang tidak ada lipbalms yang bisa membantu mengatasi cara melancarkan haid.

Bibir yang terlihat lembut dan merah jambu adalah tanda kelembaban yang cukup di lapisan kulit.

Dibandingkan kulit bagian tubuh lainnya, bibir memiliki banyak lapisan sel tipis yang disebut keratinosit, yang menyebabkan bibir kita menjadi rapuh jika kita mengalami dehidrasi.

Bibir juga tidak memiliki cukup lapisan stratum korneum. Sel-sel ini pada dasarnya mengandung molekul lemak seperti ceramide, yang dapat melindungi kulit kita dari kekurangan cairan.

Diperkirakan defisiensi cairan bibir tiga kali lebih cepat dibanding area kulit lainnya.

Cuaca dingin memicu respons inflamasi lokal terhadap bibir. Peradangan ini menyebabkan penurunan kelembaban bibir dan memicu kerusakan sel pada bibir.

Alhasil, kulit bibir sudah retak dan bersisik, malah membuat warna lebih merah di permukaan dan di kulit.

Nah, jangan khawatir karena Anda bisa menjaga agar bibir Anda tidak pecah dan mengering. Gunakan emolien, yang mampu membuat lapisan pelindung pada kulit bibir dan menjaga kelembaban.

Tapi, tidak semua siklus menstruasi lip balm memiliki efek yang sama dan tidak semua mengandung emolien. Anda bisa mencari lip balm yang mengandung bahan seperti lanolin, shea butter dan cocoa butter.

Komentar